Bukan Hanya Sekedar Wadah!! Inilah 5 Fungsi Utama Hadirnya Kemasan yang Baik Bagi Suatu Produk
Dalam dunia bisnis pasti kita sangat familiar dengan istilah kemasan dimana itu merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Seperti yang kita tahu jika suatu produk tidak dikemas dengan baik tentu akan mempengaruhi kualitas produk itu sendiri, terutama jika produk yang dikemas merupakan jenis makanan dan minuman yang harus terjamin kualitasnya. Dalam hal ini keamanan dan kesehatan konsumen benar-benar dipertaruhkan, sehingga setiap pengelola bidang usaha harus secara serius menjamin produknya telah dikemas dengan baik.
Namun tahukah anda bahwa fungsi kemasan itu sebenarnya bukan hanya sekedar sebagai wadah yang dapat menjaga kualitas isi produk saja namun hadirnya suatu kemasan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan suatu bisnis. Percaya atau tidak namun hal itu benar adanya terutama jika kita melihat dari segi perilaku konsumen pasti kemasan menjadi aspek utama yang mampu menghadirkan ketertarikan sehingga mereka tergiur untuk membelinya.
Maka dari itu jika ingin memiliki bisnis dan usaha yang sukses segeralah tentukan desain dan konsep yang baik dalam suatu kemasan produk. Bila perlu berkonsultasilah dengan agensi jasa pembuatan desain kemasan yang akan membantu menciptakan kemasan yang berkualitas sehingga produk yang dipasarkan akan semakin menarik. Hal itu sangat penting karena kemasan bagaikan suatu kunci dalam bisnis, jika suatu produk dikemas dengan seadanya tanpa desain atau konsep yang menarik maka sudah dipastikan setiap bidang usaha apapun akan gagal dan sia-sia.
5 Fungsi Utama Hdirnya Kemasan yang Baik Bagi Suatu Produk
Berikut ini adalah beberapa fungsi utama hadirnya kemasan yang baik bagi suatu produk dimana fungsinya bukan hanya sekedar wadah saja melainkan akan sangat menguntungkan secara keseluruhan, dan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Sebagai Identitas Suatu Produk
Banyak orang yang belum memahami arti kemasan yang sebenarnya dalam sautu bisnis yang dijalankan sehingga seringkali produk yang dipasarkannya dikemas dengan tidak menarik dan asal-asalan. Namun tahukah anda jika hal itu terjadi maka akan sangat berakibat fatal karena suatu identitas produk tidak akan terlihat dan menonjol khususnya dimata konsumen. Namun akan sangat berbeda jika suatu produk memiliki kemasan yang baik dan menarik maka identitasnya akan mudah diingat konsumen hingga kredibilitas bisnis pun akan meningkat dan produk pun akan laris dipasaran. Misalnya saat produk susu dikemas dengan sangat baik berkonsep unik maka itulah yang akan menjadi identitasnya sehingga selalu terngiang dihati konsumen.
2. Meningkatkan Kualitas Produk
Fungsi kemasan yang sesungguhnya bukan hanya sekedar wadah atau tempat penampung saat suatu produk hendak dipasarkan namun lebih dari itu fungsinya sangat penting dan berpengaruh terhadap kelancaran suatu bisnis. Hal itu terjadi karena kemasan akan berfungsi dalam meningkatkan kuaitas suatu produk, saat produk memiliki kemasan yang baik maka otomatis keamanan dan kebersihannya benar-benar akan terjamin. Dengan demikian tingkat kepuasan dan kepercayaan konsumen pun akan meningkat hingga bisnis yang dijalankan akan semakin sukses dan lancar.
3. Mempermudah Informasi Jumlah dan Berat Suatu Produk
Hadirnya kemasan berfungsi sebagai informasi suatu prosuk mengenai jumlah dan berat yang disajikan, dengan demikian setiap orang akan mudah melihat kuantiti keseluruhan isi produk sehingga akan tercipta efisiensi secara keseluruhan. Dalam suatu produk yang dipasarkan bisanya informasi terkait jumlah dan berat akan tertulis pada bagian bawah suatu kemasan.
4. Mempermudah Proses Branding dan Pemasaran Produk
Saat suatu kemasan tercipta dengan baik maka secara tidak langsung anda akan mempermudah proses branding dan pemasaran suatu produk. Misalnya saat produk makanan dikemas dengan sangat baik menggunakan konsep yang unik maka itu akan menjadi ciri khas dan ketertarikan tersendiri bagi setiap orang hingga citra baik dan kualitas produk pun akan selalu melekat dihati konsumen. Dengan demikian dijamin proses branding dan pemasaran produk akan semakin mudah dan tentunya angka penjualan akan semakin meningkat.
5. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen
Jika suatu produk dikemas dengan sangat baik maka setiap orang yang melihat tentunya akan merasa puas untuk membelinya, terutama jika kemasan yang dihadirkan didesain dengan sangat menarik dan memiliki ciri khas tersendiri maka dijamin daya tarik konsumen pun akan semakin meningkat.
Leave a Comment